PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Proses
pengambilan keputusan meliputi :
- Pengenalan kebutuhan
Konsumen yang baik adalah konsumen yang dalam memenuhi
kebutuhannya mengenal terlebih dahulu kebutuhan apa saja yang ia butuhkan untuk
dipenuhi, apa saja, berapa banyak yang dibutuhkan agar kebutuhan tersebut
terpenuhi dengan baik
- Pencarian Informasi
Tahap selanjutnya adalah pencarian informasi, merk apa yang
ingin dibeli jika itu berupa barang, berapa harganya, dijual dimana, dan
lain-lain agar mudah mendapatkan kebutuhan yang diinginkan.
Setelah
konsumen mencari informasi tentang barang atau kebutuhan tersebut, konsumen
mengevaluasikan berbagai informasi, seperti bertanya dengan konsumen lain yang
telah memakai barang tersebut, bagus atau tidak, apa efeknya, dan lain-lain
Konsumenpun mencari alternatif lain untuk mendapatkan barang
tersebut, maksudnya adalah jika produk yang diinginkannya harganya mahal maka
ia mencari produk seperti itu tetapi berbeda merk atau model barang yang sama
tetapi dengan harga yang mungkin bisa dijangkau oleh konsumen.
- Keputusan pembelian
Tahap selanjutnya adalah keputusan pembelian, setelah
konsumen mencari berbagai informasi tentang barang/produk/ kebutuhan yang akan
ia penuhinya itu sudah dipahami, jika berdampak positif konsumen akan
membelinya dan jika berdampak negatif konsumen tidak akan membeli produk/barang
tersebut.
- Keputusan Setelah Pembelian / evaluasi pasca akuisisi
Tahap terakhir yaitu keputusan setelah pembelian, konsumen
sudah membeli produk atau barang itu, hasil dari pembelian produk tersebut
apakah memuaskan atau tidak tergantung dari konsumen. jika konsumen puas akan
barang tersebut kemungkinan konsumen akan membeli produk atau barang itu
kembali dimasa yang akan datang, tetapi jika produk tersebut tidak memuaskan
maka konsumen tidak akan membeli kembali produk tersebut
0 komentar:
Posting Komentar